Rafting / Arung Jeram | Bestcamp Adventure Indonesia

courtesy: adamsrosyadie.wordpress.com

​Rafting atau Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi.Jadi dengan demikian kita dapat definisikan bahwa olah raga Arung Jeram (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai berjeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi.

Peralatan dan Perlengkapan Rafting/Arung Jeram

1. Perahu (boat)

Perahu yang digunakan dalam berarung jeram ada berbagai jenis dan berbagai bentuk, serta dengan berbagai kekuatan yang berbeda pula seperti tercermin dalam keterangan di tiap merk yang banyak dipakai. Umumnya perahu terbuat dari bahan hypalon, polyster nylon, dan PVC (polyvinil chloride). Perahu terbagi atas dua golongan :

 Non Self Bailing

Perahu ini tidak dilengkapi lubang – lubang pembuangan air, sehingga air yang masuk dalam perahu akan menggenang pada lantai perahu. Karena itu, perahu jenis ini harus dilengkapi dengan ember untuk membuang air.

1. Pelampung (float)

Berfungsi membantu awak perahu dalam keamanannya. Karena pelampung akan membantu awak perahu yang jatuh ke air untuk terapung ke permukaan. Fungsi sekundernya adalah sebagai body protector terhadap benturan baik rintangan sungai maupun dayung sesama awak perahu.

2. Helm (helmet)

Fungsi helm untuk melindungi kepala awak perahu apabila kepalanya terbentur benda keras.

3. Dayung (paddle)

4. Tali Lempar (Throw bag)
Peralatan berupa tali mantel yang dikaitkan dengan tas kecil. Berfungsi untuk rescue.

5. Pompa (Pump)

Pompa yang digunakan untuk mengisi udara harus selalu dibawa selama pengarungan untuk menjaga apabila udara dalam perahu berkurang. Ada dua jenis pompa yaitu pompa tangan dan pompa injak.

6. Tas kedap air (Dry bag)

Biasanya dikaitkan di bantalan perahu. Tas ini juga digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak boleh basah, seperti repair kit, P3K, kamera, dopengperahu

7. Jam Tangan Waterproof

untuk mengetahui waktu saat pengarugan

8. Peluit

Berfungsi sebagai alat komunikasi saat pengarungan

9. Alat Navigasi

Alat navigasi seperti peta, kompas, protaktor dsb sangat berguna dalam pengarungan yaitu membantu untuk mengetahui medan sungai yang sedang atau akan diarungi, mengetahui gradien sungai, serta kondisi medan yang lain.

10. PPPK Kit

Diperuntukan bagi yang mempunyai penyakit pribadi, misal migrain, maag, dsb

11. Rescue Kit

Satu rangkaian standar penyelamatan.

12. Repair kit
Adalah peralatan untuk memperbaiki perahu. Peralatan ini sangat penting dibawa dalam pengarungan, terutama dalam ekspedisi. Biasanya berupa peralatan untuk menambal perahu

13. Logistik
Persediaan makanan untuk pengarungan juga penting. Diutamakan yang praktis dan banyak mengandung kalori..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s